Hari Ibu

Hari Ibu atau sering juga di sebut Mother's Day adalah sebauh hari dimanana seorang anak dan suami memperingati dan merayakan peran Ibu dalam kehidupan keluarga yang sangat tinggi. Umumnya hari ibu di rayakan dengan cara mengungkapkan kasih sayang mereka terhadap Ibu bagi anak-anak dan suami terhadap Istrinya. Sering juga dengan memberi karangan bunga, coklat dan mengadakan lomba-lomba seperti memasak dan berbusana untuk para ibu. Lihat Juga : Hadiah Untuk Hari Ibu Yang Mengesankan

Selamat Hari Ibu

Tanggal berapa hari ibu ? Hari ibu di Indonesia tanggal 22 Desember sedangkan Mother's Day internasional jatuh pada minggu kedua bulan Mei. Perbedaan antara hari ibu dengan mother's day itu kalau hari ibu itu di negera kita sedangkan mother's day itu di rayakan di banyak negara lain termasuk Amerika serikat, di benua Eropa hingga sampai ke Australia. Setiap negara memiliki hari ibu yang berbeda, jadi jangan kaget ya kalau hari ibunya berbeda dengan kita.

Baca juga ya : Ucapan Selamat Hari Ibu

Kok berbeda ya hari dan tanggalnya, kenapa kok tidak sama?. Ada beberapa penyebab mengapa hari ibu dan Mother's Day itu berbeda, hal ini di sebabkan karena sjarah terbentuknya juga berbeda.

Sejarah Hari Ibu dan Mother's Day

Hari Ibu nasional itu di resmikan oleh presiden Soekarno di bawah Dekrit Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Pada saat itu hari ibu di bentuk untuk merayakan semangat wanita dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan kecintaan bernegara.

Pada awal sebelum terbentuknya hari ibu, Presiden Soekarno menetapkan hari kartini pada tanggal 21 April yang tujuannya untuk mengenang aktivis wanita Raden Ajeng Kartini yang gigih memperjuangkan kebangkitan wanita pribumi. Namun banyak warga negara yang protes dengan berbagai alasan seperti kartini hanya berjuang di Jepara dan Rembang, kartini juga di anggap lebih pro terhadap Belanda.

Akhirnya Presiden Soekarno berfikir bagaimana cara memperingati pahlawan wanita selain Kartini seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dll. Akhirnya Soekarno memutuskan membuat Hari Ibu Nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita alias pahlawan kaum ibu-ibu dan seluruh warga Indonesia menyetujuinya. Namun, pada era saat ini hari ibu di peringati dengan cara menyatakan cinta dan kasih sayang terhadap ibu.

Kalau sobat ingin lebih dalam mengenai sejarah hari ibu nasional dan bisa mengunjungi wikipedia dan mencari di google dengan kata kunci sejarah hari ibu.

Sedangkan Mother's Day itu bermula di Amerika Serikat tahun 1907, warga AS bernama Ann Jarvis yang mulai mempromosikan peringatan hari ibu untuk mengenang jasa mendiang ibunya, yang meninggal tanggal 9 Mei 1905. Sang ibu adalah seorang aktivis yang giat memperjuangkan hak-hak wanita, dan membesarkan sebelas anak.

Upaya Ann tidak sia-sia, karena pada tahun 1914, Hari Ibu dirayakan sebagai hari nasional di Amerika Serikat setiap hari Minggu kedua pada bulan Mei. Lalu tradisi itupun menyebar ke Eropa dan negara-negara lain, hingga sampai ke Australia.

Nah, sekarang sobat juga sudah mengerti kan tanggal berapa hari ibu dan asal mula mother's day di bentuk. Semoga artikel Hari Ibu ini bermanfaat untuk sobat yang membutuhkan. Jika Anda suka dengan artikel ini silahkan di Like dan di Share ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, salam senyum. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Manfaat Semangka Merah Dan Kuning

Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat