Perbedaan Manfaat Semangka Merah Dan Kuning

Melihat perbedaan antara buah semangka berdaging merah dan kuning jadi penasaran ingin mengetahui bedanya manfaat di antara keduanya. Mengingat kembali waktu keluarga saya di lamongan lebih suka semangka kuning dari pada semangka merah. 

Meraka juga sering berkata kalau semangka kunign itu jamu, dari pada semangka merah. Otomatis sebab pernyataan ini saat itu saya mengambil kesimpulan bahwa lebih banyak manfaat semangka kuning dari pada semangka merah.

Perbedaan Manfaat Semangka Merah Dan Kuning

Namun setelah membaca beberapa artikel berbahasa indonesia, saya rasa masih sangat sulit menemukan artikel yang mengulas lebih detail mengenai perbedaan kandungan keduanya, Namun saya tidak berhenti disini, dilanjutkanlah mencari informasi di situs berbahasa inggris untuk mendapatkan informasi lebih baik.

Berikut ulasannya untuk Anda : 

Sekarang kita tinjau dari sisi perbedaan kandungan gizi dari buah semangka merah dan kuning, karana kandungannyalah yang membedakan mana yang terbaik untuk kesehatan kita :

Semangka Kuning dan Semangka Merah, Mana Yang Lebih Baik?

Kandungan pada buah semangka merah yang di kutip dari situ Manfaat dan Kandungan Buah Semangka  : 

Kandungan Nilai Gizi Semangka per 100 g (3.5 oz)
Energi 127 kJ (30 kcal)
karbohidrat 7.55 g
Gula 6,2 g
Serat makanan 0,4 g
Lemak 0,15 g
protein 0.61 g

Kandungan Vitamin Buah Semangka
Vitamin A equiv. (4%) 28 ug
beta karoten (3%) 303 ug
Tiamin (B1) (3%) 0,033 mg
Riboflavin (B2) (2%) 0,021 mg
Niacin (B3) (1%) 0,178 mg
Asam pantotenat (B5) (4%) 0,221 mg
Vitamin B6 (3%) 0,045 mg
Kolin (1%) 4,1 mg
Vitamin C (10%) 8.1 mg

Kandungan Mineral Buah Semangka
Kalsium (1%) 7 mg
Besi (2%) 0,24 mg
Magnesium (3%) 10 mg
Mangan (2%) 0,038 mg
Fosfor (2%) 11 mg
Kalium (2%) 112 mg
Sodium (0%) 1 mg
Zinc (1%) 0,1 mg

Konstituen Lainnya
Air 91,45 g
Lycopene 4532 ug

Kandungan di atas adalah kandungan dari buah semangka merah, nah perbedaan pada kandungannya adalah semangka kuning tidak mengandung Lycopene (senyawa antioksidan yang merupakan pigmen merah pada buah) lycopene di temukan pada buah semangka, jambu biji dan tomat. 

Namun keunggulan pada semangka kuning adalah porsi vitamin C dan A lebih banyak dari pada semangka merah. Rasa dari semangka kuning juga lebih manis dari pada semangka merah. Namun semangka merah lebih populer dan dipilih oleh banyak konsumen karena lebih berkhasiat semangka merah dari pada kuning dari segi antioksidan yang dimiliki. 

Bukti nyata kalau buah semangka merah lebih banyak diminati lihat di supermarket, di pedagang buah-buahan lebih banyak menjual semangka merah di timbang semangka berdaging kunig bukan?

Nah demikian ulasan pada postingan mudil.blogsopt.com semoga memberikan manfat, dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat

Hari Ibu